Kamis, 09 Februari 2012

Lagi, Real Madrid Didapuk Sebagai Klub Terkaya Dunia

Real Madrid masih menempati posisi puncak klub terkaya sepakbola versi Deloitte. Klub asuhan Jose Mourinho mencatat penghasilan lebih dari €470 juta pada musim 2010-11, jauh melebihi klub-klub kaya Inggris, Jerman, Italia dan Prancis.
Catatan ini menempatkan Los Blancos di puncak Football Money League milik Deloitte selama tujuh tahun berturut-turut. Madrid harus mengulangi prestasi ini satu kali lagi sebelum menyamai rekor Manchester United yang mendominasi delapan tahun pertama Deloitte merilis daftar tersebut.


Namun, Madrid mendapat tekanan dari seteru abadinya Barcelona yang berada di posisi kedua dengan penghasilan melebihi €450 juta, setelah mencatat pertumbuhan 13 persen sepanjang 2010-11.
Manchester United menyusul di posisi ketiga dengan pendapatan €367 juta. Namun, kegagalan The Red Devils menembus putaran final Liga Champions bisa jadi akan semakin memperlebar jarak antara klub Inggris dengan dua raksasa Spanyol.
Arsenal, Chelsea dan Liverpool juga berhasil menembus peringkat sepuluh besar daftar Deloitte. Sementara, pemuncak Liga Primer Inggris Manchester City hanya menduduki peringkat 12 di bawah Tottenham Hotspur.
Bayern Munich membayangi Manchester United dan berada di peringkat empat, sedangkan Schalke menempati posisi sepuluh. Borussia Dortmund dan Hamburger SV melengkapi perwakilan Bundesliga Jerman di peringkat 20 besar.
Sementara itu, Serie A Italia diwakili oleh AC Milan (7), Inter Milan (8), Juventus (13), AS Roma (15) serta Napoli (20). Sedangkan Ligue 1 Prancis menempatkan Olympique Marseille dan Olympique Lyon sebagai wakilnya.

0 komentar:

Posting Komentar